Indomaret Siap Ekspansi ke Luar Jawa

Thursday, October 28, 2004

Oleh : Taufik Hidayat

Keberadaan Indomaret di bisnis ritel nasional tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Meski luas gerai mereka hanya berkisar antara 120 m2 – 200 m2, dan item barang yang dijual hanya berkisar antara 3000-an item, namun dengan jumlah gerai yang telah mencapai 926 gerai (data September 2004), keberadaan mereka jelas memiliki arti yang sangat besar bagi dunia ritel di Indonesia.

Namun, meski jumlah gerainya adalah yang terbanyak bagi ritel modern di Indonesia, namun keseluruh gerai tersebut masih terfokus di pulau Jawa. "Kami memang belum memiliki gerai di luar pulau Jawa," tutur Markus Hendarto, Franchise & Business Development Senior Manager PT Indomarco Prismatama (Pengelola Indomaret). Dia mengatakan, dalam kurun waktu 14 tahun ini, Indomarco memang hanya memfokuskan pengembangan bisnisnya di pulau Jawa.
Dia mengatakan, saat ini mereka tengah menjajaki peluang untuk mengembangan jaringan Indomaret di luar pulau Jawa. "Kami sedang mempelajari kesiapan konsumen luar Jawa akan konsep mini market yang kami tawarkan," ujarnya. Dia mengakui, di beberapa daerah, saat ini memang sudah berdiri beberapa super market bahkan mini market (non chain), namun mereka masih ingin mempelajari lebih lanjut tentang potensi dan kesiapan jalur distribusi yang mereka miliki di luar Jawa."Mungkin dalam waktu dekat kami akan segera membuka gerai pertama di luar Jawa," ungkap Markus. Sayang, ia belum bersedia mengungkapkan persis wilayahnya.

Seperti biasanya, lanjut Markus, gerai pertama ini akan dikembangkan oleh Indomarco sendiri dan belum di franchise-kan. Dia mengatakan, sebagai franchisor, Indomarco ingin terlebih dahulu membuktikan kepada para peminat franchisenya bahwa bisnis ini memang menguntungkan. "Jika sudah sampai pada level economic of scale yang aman, baru kami waralabakan," ujarnya.

Sumber: SWA

0 comments: