Percaya Diri & Ketekunan

Friday, October 5, 2007

Wuryanano Raden wrote:

Dear my Friends,
Untuk meraih sukses, harus dimulai dengan sebuah keinginan atau visi terlebih dulu. Kemudian dari visi tersebut harus Anda jabarkan atau wujudkan ke dalam suatu bentuk sasaran-sasaran yang cocok dengan potensi diri Anda.
Dan, selanjutnya Anda harus segera melakukan tindakan sesuai dengan sasaran-sasaran yang sudah Anda tulis tersebut. Dalam melakukan aksi atau tindakan inilah dibutuhkan ketekunan Anda; agar Anda jangan mudah untuk menyerah jika menemui hambatan di tengah perjalanan sukses Anda.

Ketekunan Anda dalam menapaki peta sasaran menuju sukses tersebut, tidak bisa terlepas dari "rasa percaya diri" Anda. Percaya kepada diri sendiri ini sangat erat hubungannya dengan sifat tekun seseorang. Jika seseorang semakin percaya kepada dirinya sendiri, maka orang tersebut bisa bertindak dengan semakin tekun. Demikian juga jika seseorang kelihatan tetap tekun dalam tindakan meraih keinginannya, bisa diartikan bahwa orang itu sangat percaya pada dirinya sendiri.

Ketekunan dan kepercayaan diri adalah dua hal yang selalu terkait; tidak mungkin dipisahkan, saling mempengaruhi satu dengan lainnya... seperti dua sahabat karib. Jika Anda dalam usaha untuk mencapai kesuksesan menemui hambatan, bahkan hambatan tersebut menyebabkan Anda gagal atau merasa gagal; kemudian Anda menyerah dan merasa bahwa Anda tidak mungkin berhasil dalam usaha itu. Anda tidak mau mencobanya lagi; itu menunjukkan bahwa Anda sebenarnya tidak percaya pada kemampuan diri Anda sendiri. Anda menganggap lemah diri sendiri, meremehkan diri sendiri... itu jelas menunjukkan bahwa Anda sebenarnya tidak percaya pada diri sendiri.

Sebaliknya, dalam usaha Anda meraih sukses ini banyak menemui kendala yang menghambat jalan, bahkan menggagalkan Anda, membuat Anda jatuh; tetapi Anda tidak peduli dengan semua kegagalan dan hambatan itu; Anda terus tetap dengan semangat baja bangkit dan berjalan dengan langkah pasti menapaki jalan sukses Anda sesuai dengan peta sasaran Anda sendiri, Anda tetap berusaha untuk mencapai garis finisnya - inilah sesungguhnya hasil dari "rasa percaya diri" Anda. Sasaran-sasaran sukses Anda sebaiknya memang dipecah menjadi bagian-bagian lebih kecil, sehingga Anda tidak merasa berat untuk menindak lanjuti dengan aksi.

Sasaran kecil dan mudah Anda capai akan memberikan suatu kepuasan batin atas keberhasilan Anda meraihnya. Keberhasilan-keberhasilan kecil yang sering Anda dapatkan, akan semakin meningkatkan "rasa percaya diri" Anda; bahwa Anda sanggup meraih impian-impian atau visi Anda. Semakin banyak keberhasilan kecil yang Anda peroleh; semakin banyak pula "berkumpul" rasa percaya diri Anda, dan akan semakin menguatkan citra diri sukses Anda - ini hal yang sangat penting; sebelum Anda menjajaki sasaran-sasaran yang lebih besar nantinya.

Rasa percaya diri Anda akan meningkatkan ketekunan Anda. Karena jika Anda percaya sepenuhnya kepada diri Anda, kepada pemikiran Anda; bahwa apa yang Anda lakukan adalah hal yang memang sepatutnya untuk dilakukan demi kebaikan diri Anda; maka secara otomatis "sifat tekun" akan semakin menguat di dalam diri Anda; kemudian Anda bisa tetap melakukan perjalanan menuju sukses Anda dengan semangat ketekunan yang luar biasa... ini akan mengantarkan Anda menuju sukses yang sebenarnya. Oleh sebab itu, terus "pupuklah" dan "kumpulkan" rasa percaya diri Anda; karena hal itu akan menarik "sifat tekun" dari dalam diri Anda untuk saling bekerja sama demi meraih sukses Anda.

Pokok terpenting di sini adalah: Anda harus mengembangkan rasa percaya diri, dan sepenuhnya mempercayai diri sendiri; ini akan meningkatkan sifat tekun di dalam diri Anda, yang sangat berguna untuk mencegah Anda agar tidak terlalu cepat berhenti dan menyerah dalam tindakan menuju sukses itu. Ingat! Mempercayai diri sendiri tidak sama dengan mengharapkan sesuatu untuk diri sendiri. Sama sekali berbeda. Mengharapkan sesuatu untuk diri sendiri punya kecenderungan sangat negatif, itu memberikan makna tidak ada kemauan dan keyakinan untuk memperoleh sesuatu dengan kemampuan pribadi.

Salam Luar Biasa Prima!


Wuryanano
http://wuryanano.com/
WURYANANO --- MOTIVATIONAL BLOG

0 comments: