Investor Paling Minati Waralaba Minimarket dan Makanan

Saturday, November 10, 2007

Indro Bagus SU - detikfinance

Jakarta - Dari sekian banyak jenis waralaba atau franchise, investor ternyata paling banyak minati usaha minimarket dan makanan.

Hal ini terlihat dari antusias pengunjung,-- yang kebanyakan berciat-cita ingin buka waralaba,-- dalam pameran dan conference waralaba terbesar di Indonesia yang bertajuk, 'Franchise & License Indonesia Expo 2007 ke-5 yang diselenggarakan 9-11 November 2007, di JCC, Jakarta, Sabtu (10/11/2007).

"Untuk brand-brand lokal, makanan dan minimarket paling banyak diminati, mungkin karena peluangnya cukup besar namun modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak," kata Communication Manager PT Panorama Convex, Ella Haryanto dalam pebincangannya dengan detikFinance, Sabtu (10/11/2007). PT Panorama Convex adalah penyeleggara acara pameran ini.

Sementara untuk brand asing, pengunjung meminati bidang pendidikan dan game station.
Pameran ini menggelar lebih dari sekitar 180-an brand, baik lokal maupun asing. Merek lokal kira-kira 70% dan asing 30%.

Menurut Ella dalam pameran ini, pihaknya menargetkan jumlah pengunjung 4.000 pengunjung per hari. Sementara jumlah pengunjung pada hari pembukaan Jumat kemarin (9/11/2007) sekitar 1.500 orang.

"Mungkin karena hari Jumat itu hari kerja, jadi pengunjung pun tidak banyak. Tetapi justru pengunjung di hari kerja itulah yang lebih berprospek melakukan komitmen awal pembukaan franchise. Target pengunjung selama 3 hari ini sekitar 15.000an orang," ujar Ella.
Sementara pengunjung hingga Sabtu siang ini diperkirakan telah mencapai
2.000-an orang.

Rahmawati, seorang ibu rumah tangga yang ditemui detikFinance mengatakan bahwa tujuannya datang ke pameran ini karena membuka usaha franchise minimarket.
Sementara Tia, seorang wiraswasta di Jakarta, juga mengatakan tujuannya datang ke pameran adalah untuk memperluas bidang usaha makanan.

Pameran ini juga menarik pengunjung dari luar Jawa. Seorang pengusaha dari Sumatera Selatan, bernama Dwi Budi Santoso, mengatakan tujuan datang ke pameran ini untuk mengembangkan usaha yang sudah dimilikinya di tempat asalnya.

"Saya tertarik membuka usaha minimarket dan makanan di Sumatera Selatan. Tapi saat ini, masih dalam proses cari data," kata Dwi. (ir/ir)

Sumber : detikfinance

0 comments: