Izin Minimarket di Jakarta Distop Sementara

Monday, February 12, 2007

Perizinan minimarket di Jakarta selama tahun 2007 akan dihentikan sementara.
Hal itu dilakukan mengingat saat ini jumlah minimarket yang semakin menjamur.

Pemda DKI sedang melakukan penataan
"Izin sementara ditunda dulu, karena kalau tidak ada kebijakan jelas, kita tidak bisa membedakan mana yang waralaba atau induknya," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, dalam seminiar bertajuk "Asing Incar Industri Ritel Nasional", di hotel Arya Duta, Jalan Prapatan, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2007).

Dijelaskan Fauzi, saat ini Pemda DKI tengah menunggu masukan dari berbagai pihak terkait penataan minimarket tersebut termasuk mengenai penentuan jarak ideal pendirian minimarket.

"Pembatasan minimarket kita akan menentukan jarak idealnya, kita masih tunggu masukan dari berbagai pihak, ada waralaba. ada juga yang punya induknya, maka yang perlu dilakukakan adalah penataan," jelas Fauzi.

Diakui Fauzi, petumbuhan ritel 20% pada tahun 2006 telah membantu menggerakkan perekonomian Jakarta yang tumbuh 6 persen. Oleh karena itu perlu diatur dan dilakukan penataan serta selektif dalam pemberian izin karena beberapa wilayah di Jakarta, seperti di Jakarta Pusat telah mengalami kejenuhan jumlah ritel atau minimarket. Sementara di wilayah Jakarta Timur masih memiliki peluang untuk pendirian minimarket.

Fauzi memberikan perbandingan, dengan jumlah ritel yang ada di Jakarta berbanding jumlah penduduk, bahwa di Jakarta satu ritel melayani 370 ribu orang, sedang di Bangkok, Thailand, sebuah ritel hanya melayani sebanyak 170 ribu orang.
"Artinya kita masih kurang pusat perbelanjaan di Jakarta, namun kita harus hati-hati karena pusat perbelanjaan masih kosong dan kurang pembeli, karenanya jangan terjebak dengan perizinan yang tidak tepat sasaran," ucap Fauzi.

Sementara disampaikan oleh Direktur Bina Pasar dan Distribusi Departemen Perdagangan Gunaryo, pihaknya mendukung penataan mini market yang dilakukan oleh Pemda DKI Jakarta, agar dalam satu pemukiman minimarket tidak berdekatan.
"Distop dulu izinnya oleh Pemda DKI Jakarta, yang baru melakukan penataan baru di Jakarta," kata Gunaryo. (hdi/qom)

Sumber: Detikfinance

1 comments:

Kami RAJA RAK INDONESIA menyediakan berbagai macam RAK, seperti RAK MINIMARKET, RAK TOKO, RAK SUPERMARKET dan RAK GUDANG. Website kami di : http://www.rajarakminimarket.com dan http://www.rajaraksupermarket.com, Telp: 021-87786434