KidZania, Waralaba untuk Si Kecil

Saturday, November 24, 2007

Ana Shofiana S - detikfinance

Kecil-kecil sudah jadi kasir supermarket. Jangan curiga dulu, ini bukan pekerja anak tapi bocah cilik yang sedang berperan menjadi orang dewasa.
Anak-anak kecil yang berperan jadi orang dewasa itu sedang bermain di kota edutainment KidZania. Kota anak-anak ini juga punya mata uang sendiri KidZo.

Ya, KidZania, waralaba taman bermain dan belajar itu kini hadir di Jakarta, lantai 6 Pacific Place Mall, kawasan niaga terpadu Sudirman (SCBD). Kidzania yang asal Meksiko itu baru ada di Meksiko dan Jepang.

Di Indonesia, KidZania ada di bawah bendera PT Aryan Indonesia. Untuk mendirikan kota kecil di Jakarta ini, PT Aryan mengeluarkan kocek sebesar US$ 15 juta.
"Tapi 100 persen ini punya kita. Hubungan dengan Mr Xavier hanya franchise saja," kata President Kidzania Indonesia Muhammad Riza, dalam jumpa pers di Pacific Plaza Shopping Mall, kawasan SCBD, Senayan, Sabtu (24/11/2007).

Indonesia adalah negara kedua yang mengambil franchise tempat bermain yang pertama didirikan oleh Xavier Lopez Ancona di Santa Fe Shopping Mall, Meksiko, pada 1 September 1999.

Jakarta dengan jumlah penduduk 16,55 juta penduduk, dan 29,1 persen diantaranya dianggap menjadi pasar potensial untuk perkembangan KidZania. Selanjutnya PT Aryan Indonesia akan membidik Surabaya sebagai kota KidZania berikutnya di Indonesia.

Beberapa perusahaan tertarik bergabung dengan PT Aryan untuk ikut berpartnership
atau mensponsori. Misalnya Air Asia untuk flight simulation, BCA untuk ATM dan Bank, Pepsodent untuk klinik gigi, dan masih banyak lagi perusahaan yang ikut ambil bagian membangun kota yang memang dikhususkan untuk anak berusia 1 hingga 13 tahun ini. Tercatat 32 perusahaan ikut nimbrung di sini.

Dengan luas area 7.500 m2, KidZania bisa memuat 2.400 anak-anak setiap harinya.
Dalam sehari, Kidzania membuka dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 09.00-14.00 WIB, sesi kedua mulai pukul 15.00-20.00 WIB.

Anak-anak yang bermain di kota liliput ini cukup merogoh tiket Rp 75.000 (2-3 th), Rp 111.000 (4-13 th) dan Rp 90.000 (di atas 13 th). Sedangkan tiket Sabtu, Minggu dan hari besar masing-masing menjadi Rp 95.000, Rp 150.000, Rp 150.000.

Xavier sebagai CEO meyakinkan bahwa Kidzania akan menarik hati anak-anak. Setelah di Jakarta. Kidzania akan dibangun di Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Portugal dan Spanyol. Paling lambat tahun 2009, Kidzania sudah dibuka di 4 negara tersebut. (ana/ir)

Sumber : detikfinance

0 comments: