Minimarket: Ini Dia Pendekar Waralaba!

Monday, February 19, 2007

Indomaret menjadi peritel minimarket dengan jumlah gerai waralaba terbesar di Indonesia. Tahun ini, Alfamart mencoba mengejar dengan target 50% waralaba dalam 2.000 gerainya.

Minimarket = Indomaret = Waralaba
Image semacam ini tampaknya sukses dibangun oleh para petinggi PT Indomarco Prismatama sebagai pengelola minimarket Indomaret. Buktinya, sampai akhir tahun lalu, dominasi Indomaret dalam jumlah gerai, termasuk gerai waralaba, tak terkejar pesaingnya seperti Alfamart dan Starmart.


Bahkan, Didit Setiadi, PR manager PT Sumber Alfaria Trijaya, pengelola Alfamart, tanpa ragu-ragu mengakui dominasi Indomaret, sambil menyebut Alfamart masih berada di posisi kedua di bawah sang penguasa pasar ini. Hingga akhir tahun lalu, Alfamart baru punya 1.700 gerai dengan 35%-nya gerai waralaba, sedangkan Indomaret memiliki 1.859 gerai dengan 770 di antaranya gerai waralaba.

Apakah dominasi Indomaret masih akan berlangsung hingga akhir tahun ini? Mungkin saja. Namun sayangnya, sampai saat ini, sulit mengorek keterangan dari pengelola Indomaret mengenai rencana ekspansi mereka di 2007. Mereka hanya menyebut target omzet yang diharapkan tumbuh 25% menjadi Rp7,12 triliun.

Berbeda dengan pesaingnya, Alfamart, yang secara tegas menyebutkan tahun ini jumlah gerainya akan naik hingga ke level 2.000. “Dari jumlah ini, 50% di antaranya akan dikelola oleh masyarakat lewat pola waralaba dan operator mandiri,” ungkap Didit.

Ada banyak alasan mengapa akhirnya peritel seperti Indomaret dan Alfamart lebih memilih pola waralaba. Pertama, menurut pengamat ritel Hidayat, karena pola ini menyediakan dana murah dibandingkan pinjaman bank. Terlebih-lebih bagi Alfamart. Sejak Philip Morris, pemilik baru PT HM Sampoerna Tbk., menjual kepemilikan sahamnya di Alfa, maka otomatis sumber dana murah yang selama ini mengalir dari Sampoerna langsung terputus.

Kedua, makin banyak aturan main yang akan dibuat pemerintah daerah untuk menahan laju ekspansi peritel modern seperti Alfa di daerah. Sebut saja di Jakarta, Pemda DKI baru saja mengeluarkan keputusan untuk menghentikan pemberian izin untuk minimarket di seluruh wilayah DKI Jakarta mulai tahun ini.

Alfamart sendiri telah merasakan banyak ganjalan akibat aturan pemda, seperti yang mereka alami di Serang. Belum lama ini, Pemda Serang menutup gerai Alfamart karena larangan izin minimarket modern di wilayahnya. Namun, kini gerai itu kembali dibuka setelah merek Alfamart diganti dengan Punten dan dikelola paguyuban warga Banten.

Itu sebabnya, langkah ekspansi akan dilakukan Alfamart ke daerah yang minim aturan untuk minimarket modern seperti Jawa dan Lampung. Setidaknya, pada 2007, mereka berencana membuka 50 hingga 100 minimarket di daerah Jawa Tengah dengan mengusung pola waralaba dan modal sendiri.

Harapannya, tentu saja, jumlah ini bisa segera mengejar pesaingnya, Indomaret, yang saat ini menguasai 35% pangsa pasar minimarket. Jadi, waralaba memang masih akan jadi senjata pamungkas para peritel yang mengusung konsep minimarket sampai peraturan menghentikannya.

Senin, 19 Februari 2007
wartaekonomi.com

4 comments:

ithoy said...

mf, sblmnya. kl ada tentang tlg dong jelaskan lbh detail tentang alfamart&indomaret. sebab sy sedang menulis tesis tentang mini market. trims

ithoy said...

mf, sblmnya. kl ada tentang tlg dong jelaskan lbh detail tentang alfamart&indomaret. sebab sy sedang menulis tesis tentang mini market. trims

Usaha Waralaba Minimarket, Waralaba Gerai Minimarket, Waralaba Minimarket Indonesia, Waralaba Minimarket Terbaik, Waralaba Minimarket, Waralaba Ritel Minimarket, Bisnis Waralaba Minimarket, Info Waralaba Minimarket, Kerjasama Waralaba Minimarket, Usaha Waralaba Minimarket

Bidang usaha yang relatif stabil adalah bisnis usaha retail minimarket. Di Indonesia usaha bisnis retail minimarket ini terus berkembang seirama dengan kebutuhan penduduk yang jumlahnya terus meningkat. Indomaret yang tetap konsisten berkecimpung di bidang retail minimarket dikelola secara professional. Ritail minimarket Indomaret telah teruji dan mendapat sambutan positif masyarakat, terlihat dari meningkat tajamnya jumlah gerai franchise waralaba minimarket Indomaret dari 2 gerai pada tahun 1997 menjadi 2.910 gerai pada Agustus 2013. Program franchise waralaba minimarket Indomaret yang tidak rumit terbukti dapat diterima masyarakat.

Selengkapnya http://indomaret.co.id

Kami RAJA RAK INDONESIA menyediakan berbagai macam RAK, seperti RAK MINIMARKET, RAK TOKO, RAK SUPERMARKET dan RAK GUDANG. Website kami di : http://www.rajarakminimarket.com, http://www.rajaraksupermarket.com, http://www.rakgudangjakarta.com, Telp: 021-87786434