Menemukan Usaha Dengan Karakteristik Yang Cocok

Saturday, December 15, 2007

Informasi waralaba mulai banyak bertebaran. Para peminat pun sudah banyak menerima informasi dan secara hati-hati telah mempertimbangkan berbagai alternatif.


Anda, barangkali salah satu yang juga telah memutuskan untuk bisa sukses dengan menginginkan usaha sendiri. Lebih khusus Anda telah memutuskan untuk membeli hak waralaba.

Nah, ketika sudah memutuskan untuk membeli waralaba dan mendapatkan banyak informasi, apa yang harus dilakukan berikutnya? Apa yang dapat Anda harapkan dari perusahaan franchise. Bagaimana Anda tahu telah menemukan yang tepat buat Anda?
Jeff Elgin, CEO of FranChoice, Inc punya saran untuk para pencari usaha waralaba sehingga mereka memperoleh yang diinginkan sesuai harapan.


Pra Persiapan
Sebelum memutuskan, langkah pertama yang harus diambil adalah Anda harus hati-hati dan mengevaluasi diri.

Berikut pertanyaan-pertanyaan yang bisa memandu Anda untuk mengenal sejauh mana Anda mengetahui keinginan dan sejumlah konsekwensinya.

- Apa kekuatan dan kelemahan Anda?
- Apa yang ingin Anda lakukan dan apa yang membuat Anda bahagia di lingkungan kerja?
- Apa yang membuat Anda tidak bahagia atau frustrasi. Apakah Anda menyukai jualan, bekerja dengan customer, mengelola karyawan?
- Apakah teknologinya cukup up to date dan Anda nyaman dengan perubahan?
- Apa yang bisa Anda tolelir menyangkut resiko? Kemudian berikutnya, buat daftar karakteristik yang Anda inginkan di bisnis waralaba. Seberapa penting resiko keuangan bagi Anda?
- Apa yang paling realistis dari investasi dan income Anda yang menjadi tujuan dari bisnis?
- Apa yang Anda rasakan tentang resiko dan status?
- Berapa jam dalam seminggu yang bisa Anda dedikasikan untuk bekerja?


Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa menjelaskan apa yang Anda butuhkan untuk menemukan bisnis yang cocok dengan preferensi (pilihan) dan keinginan Anda.
Anda akan mendapatkan gambaran seperti apa bisnis Anda di kemudian hari.

Selanjutnya, Anda hanya membutuhkan proses untuk menemukan secara individu perusahaan waralaba dan menentukannya bahwa perusahaan tersebut cocok dengan rencana Anda.

Menemukan Perusahaan Waralaba
Banyak sumber informasi tentang peluang waralaba, entah itu dari buku, iklan atau situs internet. Di sana ada ribuan peluang franchise yang dapat Anda pertimbangkan. Tidak perlu semuanya harus Anda telusuri, cukup mengambil beberapa yang menjadi concern Anda.

Langkah pertama, Anda hanya perlu melihat yang paling memungkinkan buat Anda. Pertimbangkan karakteristik yang sudah Anda identifikasi sebelumnya seperti uraian di atas. Lihatlah industrinya atau sub industrinya lebih dahulu sebelum melihat perusahaannya. Dalam pandangan yang sekilas, terutama dari sisi industrinya, apakah karakteristiknya mendekati kecocokan?

Sebagai contoh, sebut saja Anda telah memutuskan sebuah usaha waralaba yang Anda akan terlibat pekerjaan secara jam kerja normal, yang memiliki sedikit karyawan untuk di-manage, dan Anda hanya perlu mengeluarkan investasi Rp. 150 juta. Kriteria ini akan membuat Anda mengeliminasi banyak ritel dan waralaba di industri makanan, karena di industri ini banyak membutuhkan waktu dan karyawan.

Lebih lanjut, Anda dapat mengabaikan investasi yang tidak Anda inginkan. Apabila Anda tidak mau mengerjakan sendiri, Anda bisa meminta bantuan dari konsultan franchise untuk membantu menemukan yang sesuai dengan kriteria usaha yang Anda inginkan.

Berikut panduan yang Anda butuhkan untuk menemukan perusahaan yang cocok dengan yang Anda cari. Sekali Anda telah mengidentifikasi perusahaan yang terlihat menarik dari permukaannya, maka cobalah pelajari tentang perusahaan itu.

Proses Penyisihan
Ada lima langkah dalam proses investigasi ini yang umumnya dilakukan dalam pencarian usaha franchise. Langkah ini dimulai dengan Anda mengontak perusahaan pemberi hak waralaba di mana Anda menginginkan banyak informasi darinya.

1. Information yang Umum
Franchisor akan mulai dengan menyediakan kepada Anda berbagai informasi perusahaan baik melalui brosur maupun lainnya. Mereka, kemudian akan menanyakan kepada Anda tentang informasi yang mereka sediakan kepada Anda. Dan meminta Anda mengisi atau menjawab beberapa pertanyaan untuk mengetahui karakteristik umum yang Anda cari. Asumsinya, masing-masing pihak masih saling tertarik atau pertukaran informasi, yang akan diproses ke langkah selanjutnya.

2. Dokumen Terkait
Anda juga harus mempelajari referensi yang memberikan informasi terkait dengan perusahaan yang ingin Anda bidik. Informasi terpenting yang perlu anda dapatkan antara lain:

- Sejarah perusahaan tersebut dan pendiri serta para direksinya.
- Diskripsi bisnis yang lengkap kenapa di-franchise-kan.
- Semua cost dan fee yang akan dibebankan kepada Anda di bawah perjanjian.
- Semua kewajiban masing-masing pihak selama masa perjanjian.
- Semua yang berhubungan dengan perkara perusahaan atau para pelakunya.
- Semua kegagalan bisnis, perpindahan kepemilikan, term-term perjanjian franchise, atau informasi terkait kesuksessan dari unit-unit existing di dalam system.
- Audit financial setidaknya tiga tahun terakhir.
- Daftar existing franchisee.
- Kopi dokumen perjanjian secara lengkap.

3. Menemui Franchisee
Kebanyakan sumber informasi yang paling akurat adalah dari existing franchisee. Apapun yang Anda temukan yang berlaku pada existing franchisee, secara pasti akan berlaku juga kepada Anda jika jadi investor. Kunjungi mereka untuk meyakinkan Anda.

Lebih dulu, Anda harus menemukan apakah kebanyakan franchisee merasa happy dan supportif. Kadang-kadang sebagian tidak begitu. Dengarkan sejumlah komplain, tetapi juga tentukan apa yang membuat franchisee ini berbeda dengan yang lainnya.

Jika Anda bisa mengidentifikasi secara positif dan objektif, selanjutnya Anda akan baik-baik saja. Jika Anda menemukan diri Anda merasakah seperti kebanyakan franchisee yang tidak happy, bagaimanapun usaha tersebut tidak tepat buat Anda. Berikut daftar area prinsipil yang perlu Anda telusuri selama proses pencarian:

Program pelatihan.
Seberapa baik program trainiung pendahuluan dan dukungan persiapan kepada franchisee untuk membuka dan menjalani bisnisnya?

Support pembukaan.
Seberapa mudah franchisor membuat proses mendapatkan unit pertama dibuka dan dioperasikan?


Ongoing Support.
Seberapa efektif support yang berkelanjutan dari franchisor dalam membantu franchisee dalam menangani promblem setiap hari di dalam menjalankan bisnisnya?

Program pemasaran.
Kebanyakan franchisor mengumpulkan dana untuk kegiatan marketing dari setiap franchisee. Apakah para franchiseee merasakan adanya support dari kegiatan pemasaran tersebut?


Purchasing Power.
Apakah franchisor menggunakan kekuatan kolektif pembelian dengan total sistem untuk mendapatkan diskon dari suplayer?

Hubungan franchisor-franchisee.
Apakah franchisor cukup supportif, fokus meraih sukses, responsif, efektif, organized dan dapat dipercaya?

Investasi.
Apakah seluruh investasi yang dibebankan sangat reasonable?

Penghasilan.
Ini memang masalah kritikal dan perlu sense yang kuat melihat apa yang bisa dihasilkan. Berapa banyak uang yang bisa diberikan dari bisnis itu? Seberapa cepat produk yang dimiliki bisa mendulang uang setelah pembukaan.


4. Temui Franchisor.
Ketika proses pencarian, Anda pasti ingin bertemu secara personal dengan orang kunci di peruasahaan franchise. Boleh jadi Anda akan ketemu berbagai staf kunci. Yakinlah bahwa untuk mendapatkan mereka Anda harus lebih terbuka dengan rencana Anda membuka bisnis.

Anda akan mengharapkan bertemu presiden dari perusahaan itu tetapi dia tidak akan menjawab telepon ketika Anda menghadapi persoalan. Temui secara langsung siapa yang menyediakan operation support dan pelatihan kepada Anda dan dapatkan opini dari mereka yang kompeten. Ingatlah dan catat beberapa pertanyaan atau isu yang mungkin Anda miliki di pertemuan.

5. Buatlah Keputusan
Barangkali waktu yang Anda butuhkan selama proses investigasi memakan waktu empat minggu. Maka berikut, waktunya untuk menyelesaikan atau memutuskan jika perusahaan itu tepat untuk Anda. Betul atau tidak Anda akan tahu. Pada kasus lain, inilah waktunya untuk buat keputusan dan bergerak.


Jika perusahaan tersebut memiliki semua yang Anda inginkan, maka lakukanlah. Jika tidak, tinggalkan dan cari lagi sampai Anda menemukan perusahaan yang tepat.

Sumber: plasawaralaba

0 comments: