Berminat Investasi di Franchise? Why Not?

Sunday, February 10, 2008

Suhendra - detikfinance

Jakarta - Usaha waralaba atau franchise di Indonesia tampaknya akan semakin bersinar. Hal ini terlihat dari semakin besarnya animo masyarakat Indonesia yang mulai melirik bisnis ini untuk memutar uangnya ketimbang disimpan di bank atau di pasar uang.

Pasalnya, hanya dengan modal yang terbilang minim rata-rata Rp 50 juta, namun menawarkan keuntungan yang berlipat-lipat.

Demikian disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) Anang Sukandar kepada detikFinance, Minggu (10/2/2008).
"Banyak orang yang sudah tidak tertarik dengan bunga deposito dan sebagainya, sehingga mereka mencari alternatif usaha memutar uangnya melalui franchise,"ujarnya.
Hal ini dapat dlihat dari mulai menjamurnya berbagai franchise lokal yang jumlahnya semakin bertambah, yang juga mulai banyak diminati oleh masyarakat.

Namun ia menyayangkan perkembangan franchise lokal masih jauh tertinggal dengan franchise asing. Saat ini jumlah franschise dan business opportunity (BO) lokal di Indonesia masing-masing 60 dan 390 unit, atau total 450 unit usaha. Sementara jumlah franchise asing sekitar 250 unit usaha.

Pada tahun 2008, diperkirakan pertumbuhan jumlah franchise asing akan mencapai 10%, sehingga menjadi 275 unit usaha. Sementara franchise dan BO lokal diperkirakan akan tumbuh melambat dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu hanya 2% saja dari total 450 unit usaha di 2007.
"Memang kalau secara total mencapai 450 unit usaha, tetapi yang benar-benar memenuhi kreteria franchise hanya mencapai 60 saja,"katanya.

Anda berminat di bisnis ini, silahkan datang untuk mencari infonya ke Franchise Expo di semanggi expo, Jakarta. Pameran ini akan ditutup malam ini. (hen/arn)

Sumber : detikfinance

0 comments: