Kiat Jadi Pengusaha ala Ciputra

Tuesday, October 20, 2009

Menjadi pengusaha bukanlah warisan dari orang tua. Semua orang dapat menjadi pengusaha asalkan mereka mengerti dan memahami apa arti pengusaha itu sendiri. Demikian dikatakan Ciputra, CEO Ciputra Group dalam seminar yang bertajuk The Importance of Enterpreneurship for Indonesia's Economic Development, di Jakarta, Selasa (10/20).


"Pengusaha bukanlah profesi turunan, semua orang bisa menjadi pengusaha asalkan memahami dan mempunyai mind set tentang arti pengusaha itu sendiri," kata dia.

Ia menuturkan, setelah menemukan arti dan mempunyai mind set, calon pengusaha harus menentukan tujuan yang ingin dicapai dalam menjalankan usahanya. Jenis usaha juga sesuaikan jenis usaha dengan kemampuan, budaya pengusaha dan target pasar. Setelah kesemua hal tersebut terpenuhi maka calon pengusaha mengikuti training yang sesuai dengan usaha yang akan dijalankannya. "Dengan begitu ia mempunyai gambaran apa yang harus dia lakukan," ucapnya.

Calon pengusaha, tambahnya, juga harus mempunyai semangat dan mental pengusaha. Tidak semua pengusaha berhasil di masa-masa awalnya. Banyak juga pengusaha yang terpuruk saat awal menjalankan usaha barunya. "Pengusaha enggak selalu sukses, bisa gagal dan jatuh. Tapi pengusaha hebat akan bangkit dan belajar dari pengalamannya itu untuk menjadi sukses di masa depan," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Bidang UKM Sandiaga Uno menambahkan, untuk menjadi pengusaha yang sesungguhnya seseorang harus berani meninggalkan zona aman yang selama ini ditempatinya. Selain itu, seseorang juga harus berani mengambil kesempatan yang ada di depannya. "Ada kata-kata bijak yang mengatakan kita harus mengambil kesempatan untuk menjadi pengusaha yang ada. Itu yang harus dijadikan pegangan," ucapnya.

RDI
Editor: Edj

0 comments: